Halaman Facebook
Banner
Divisi Data LitbangPGRINISNKementerian PendidikanPemda Karanganyar
Statistik

Total Hits : 80543
Pengunjung : 18006
Hari ini : 10
Hits hari ini : 33
Member Online : 1
IP : 54.224.83.221
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

mailrist_ku

Pelatihan PPDB Online 2015 Karanganyar

Tanggal : 05/26/2015, 19:18:24, dibaca 556 kali.

Hari selasa pagi kira-kira pukul 09.09 WIB yang bertepatan dengan tanggal 26 Mei 2015, acara Pelatihan PPDB Online 2015 yang diselenggarakan oleh Disdikpora Kabupaten Karanganyar dimulai. Kali ini bertempat di gedung baru lantai 2 Aula Dinas Dikpora Kab. Karanganyar. Peserta yang mengikuti adalah seluruh SMP baik negeri maupun swasta yang berada di wilayah Kab. Karanganyar yang ikut sistem PPDB Online. Sebenarnya kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama telah dilaksanakan hari senin kemarin yang diikuti oleh seluruh SMA/SMK baik negeri maupun swasta yang ikut mengadakan PPDB Online di sekolahnya.


Setiap sekolah minimal menugaskan 2 orang, boleh dari guru boleh juga dari tenaga TU. Orang pertama sebagai Supervisor PPDB Online dan yang satu lagi sebagai Operator PPDB Online. SMP Negeri 2 Jumantono menugaskan Mas Mulyadi dan Pak Ristanto. Adapun para peserta diharapkan membawa perlengkapan sebagai berikut :



  1. Laptop (beserta chargernya)

  2. Modem (kalau punya)

  3. Kabel sambungan (kalau ada)


PPDB tahun ini tetap atau masih bekerjasama dengan Kemdikbud Pusat, seperti tahun kemaren. Dinas Dikpora Kab. Karanganyar sudah melaksanakan PPDB Online ini dari beberapa tahun lalu, tepatnya Tahun Pelajaran 2011/2012. PPDB Online yang dimulai tahun 2011, Dinas Dikpora bekerjasama dengan Telkom. Kerjasama dengan Telkom ini bertahan sampai tahun 2013, sejak tahun 2014 Dinas Dikpora Karanganyar tidak lagi bekerjasama dengan Telkom melainkan mulai beralih kerjasamanya yaitu dengan PUSTEKKOM yang di bawah naungan Kemdikbud Pusat. Jadi diperkirakan kerjasama ini akan selamanya.


Seperti tahun lalu menjelang dilaksanakannya PPDB, Dinas Dikpora mengadakan Pelatihan bagi para Operator PPDB Online dari seluruh sekolah yang mengikuti sistem online ini. Kali ini sebagai nara sumber dari PUSTEKKOM Pusat ada Pak Hendri Widiatmoko dan Pak Agung yang berasal dari Yogyakarta. Pak Agung inilah yang natinya akan selalu mendampingi para operator maupun supervisor PPDB Online di Dinas Dikpora. Artinya, bila nantinya ada kendala dengan sistem PPDB maupun ada hal lain yang perlu penanganan khusus, bisa langsung kontak dengan Pak Agung yang ditempatkan di Dinas Dikpora untuk setiap harinya selama berlangsungnya PPDB Online ini.


Pak Agung mendapat giliran pertama untuk menyampaikan hal-hal yang ada kaitannya dengan PUSTEKKOM. Paparan mengenai hal ini berlangsung sampai kira-kira pukul 11.00 WIB. Kemudian dilanjutkan oleh Pak Hendri yang menjelaskan perihal teknisnya. Dalam penyampaiannya sudah sangat jelas bagi para operator, meskipun masih ada hal-hal yang menjadi kendala. Namun secara keseluruhan kegiatan Pelatihan PPDB Online kali ini bisa dikatakan lancar dan sukses. Sebelum hari atau tanggal pendaftaran dibuka, para operator bisa melakukan simulasi atau uji coba dalam memasukkan data siswa/pendaftar. Hal ini bisa dilakukan karena pihak PUSTEKKOM menyediakan PPDB Online versi uji coba atau "Trial Version". Pelatihan berakhir kira-kira pukul 14.30 WIB.



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas