Halaman Facebook
Banner
Divisi Data LitbangPGRINISNKementerian PendidikanPemda Karanganyar
Statistik

Total Hits : 80541
Pengunjung : 18006
Hari ini : 10
Hits hari ini : 31
Member Online : 1
IP : 54.224.83.221
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

mailrist_ku

UN SMA, Kota Yogyakarta Paling Jujur Se-Indonesia

Tanggal : 05/19/2015, 00:45:03, dibaca 211 kali.

Indeks integritas Ujian Nasional di Indonesia masih cukup rendah. Ini karena hanya ada tujuh daerah yang berhasil meraih Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) di atas angka 80 persen. Artinya indeks kecurangan di kota Yogya kurang dari 20 persen.

Kota Yogyakarta sukses meraih indeks integritas tertinggi pada pelaksanaan Ujian Nasional dengan skor IIUN SMA/MA 82,47 persen. Sebaliknya, Kabupaten Buru Selatan, Maluku hanya meraih skor IIUN 19,60 persen.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, hasil IIUN menjadi bagian dari pemerintah untuk mendorong sekolah di berbagai daerah menjadi ruang belajar yang berprestasi unggul dan berintegritas.

"Jadi fakta bahwa nilai kejujuran masih memprihatinkan. Ini karena sudah lama sikap mendiamkan," kata Anies di Gedung Kemendikbud, Jakarta, saat merilis Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, senin 18 Mei 2015.

Secara khusus, lanjut Anies, IIUN tak hanya ditujukan untuk menjadi bahan perbaikan integritas proses pendidikan di kalangan siswa, guru dan sekolah. IIUN bahkan diharapkan bisa mengembalikan praktek kejujuran dan berintegritas di seluruh aspek kehidupan bangsa.

"Mulai sekarang laporan kecurangan UN akan diungkap untuk perbaikan pendidikan ke depan."

Tujuh daerah terbaik yang meraih Indeks Integritas tertinggi antara lain Kota Yogyakarta, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur. Tujuh daerah itu memiliki tingkat kecurangan antara 10-20 persen.

Yogyakarta memiliki persentase kecurangan terendah lantaran hanya ada satu sekolah yang terindikasi melakukan kecurangan dalam ujian nasional SMA/UN 2015. Tahun lalu Yogyakarta juga menjadi daerah dengan indeks integritas tertinggi.


Oleh : Nur Azizah, Ade Alfath



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas