Halaman Facebook
Banner
Divisi Data LitbangPGRINISNKementerian PendidikanPemda Karanganyar
Statistik

Total Hits : 72470
Pengunjung : 15576
Hari ini : 4
Hits hari ini : 53
Member Online : 1
IP : 54.82.112.193
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

mailrist_ku

Pembiasaan (Tausyiah : 12 Ciri Anak Sholeh)

Tanggal : 23-01-2016 09:22, dibaca 250 kali.

Hari jumat kali ini pada jam pembiasaan diisi dengan tausyiah Pak Suharta, S. Ag., M. Pd. selaku guru agama Islam di sekolah. Setiap jumat jam pembiasaan diisi dengan kegiatan jalan sehat maupun kebersihan kelas dan lingkungan kelas. Ada kalanya jam pembiasaan yang dilaksanakan di SMPN 2 Jumantono ini juga diadakan tausyiah untuk anak-anak semua. Kali ini mengambil judul "Ciri Anak Sholeh". 

Setiap orang tua, sudah pasti mendambakan anaknya yang Soleh dan solehah, karena anak yang soleh dan solehah itu, akan taat dan berbakti kepada orang tuanya, dia kan mendahulukan kedua orang tuanya sebelum mendahulukan orang lain termasuk anak dan istri, tapi tentunya setelah terlebih dahulu dia mengutamakan Allah dan Rosulnya, karena mencintai Allah dan Rosulnya itu adalah yang paling utama, dan ada” 12 Ciri Anak Soleh/ Solehah ” yaitu diantaranya sebagai berikut:

1. Anak Soleh/Solehah itu sangat taat kepada Allah dan Rosulnya,

2.Berbakti kepada kedua orang tuanya dan selalu selalu berdoa untuknya,

3.Bila bicara dengan kedua orang tuanya tidak menatapnya (QS 17:23-24),

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا   ؕ  اِمَّا يَـبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

[QS. Al-Isra': Ayat 23] 

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًا   ؕ 

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil."

[QS. Al-Isra': Ayat 24] 

4. Tidak pernah mengeluhkan kekurangannya,

5. Tidak berhitung (kebaikan/harta),

6.Mudah memaafkan kesalahannya, “ingat! kesalahannya tidak menutupi jasa besarnya dalam hidup kita”,

7. Walaupun berbeda agama sekalipun tetap berbhakti padanya tanpa harus mengikuti agamanya (QS 31:15),

وَاِنْ جَاهَدٰكَ عَلٰٓى اَنْ تُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ ۙ  فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِى الدُّنْيَا مَعْرُوْفًا  ۖ   وَّاتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَاۡبَ اِلَيَّ   ۚ  ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

Dan jika keduanya memaksamu untuk menyekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beri tahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

[QS. Luqman: Ayat 15]

8. Mau merawatnya ketika ketika kedua orang tuanya sudah usia senja,

9. aklau ada nasehat untuk orang tuanya, ia sampaikan dengan pelan pelan dan lemah lembut,

10. Kalau ternyata orang tua selalu menyakiti, ia balas dengan sabar, berdoa, tetap sayang, baik sangka dan tawakkal,

11. Senang memberi hadiah untuknya,

12. Selalu membuatnya senyum dan bahagia

Itulah ciri-ciri anak soleh/ solehah,dan semoga kita bisa  menjadi anak yang taat pada Allah dan RosulNya, dan berbakti kepada kedua orang tua kita, dan pada akhirnya nanti kita memiliki anak yang soleh dan solehah pula. Aamiin ya Robbal alaamiin .
Sumber: 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas